Dulu waktu saya masih baru sebagai blogger pemula selalu mengeluh, kenapa sudah membuat postingan lumayan banyak tampilan blog juga ngga jelek-jelek amat tapi kok masih saja sepi dari pembaca? Akhirnya saya cari tahu melalui grup-grup di Facebook yang membahas tentang blogger. Di grup itu banyak sekali tips trik yang dijelaskan mengenai dunia blog, salahsatunya tentang bagaimana cara agar blog ramai pengunjung.

Dari hasil kesimpulan yang saya amati, ada beberapa faktor yang bisa membuat blog menjadi ramai pembaca atau pengunjung, antara lain kita harus pastikan konten blog yang kita buat berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca. Buatlah konten yang unik dan tidak mudah ditemukan di blog lain.

Lalu gunakan juga keyword atau kata kunci yang tepat dan optimalkan SEO blog kita. Ini akan membantu meningkatkan visibilitas blog di mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Promosikan juga blog kita di media sosial dan forum online. Bagikan link blog di akun sosial media dan bergabung dengan komunitas online yang relevan dengan topik blog kita. Misalkan blog kita membahas tentang otomotif maka bagikan ke grup facebook yang juga membahas tentang otomotif.

Bersikap aktif di komunitas blog dan tingkatkan interaksi dengan pembaca. Balas komentar pembaca dan tanyakan pendapat mereka.

Tawarkan nilai tambahan bagi pembaca, seperti hal apa yang pembaca inginkan pada blog kita. Semacam keterbukaan kita untuk menerima saran dan kritik dari pembaca. Ini akan menarik pembaca untuk terus mengunjungi blog Kita.

Buat kolaborasi dengan blogger lain atau perusahaan yang relevan dengan topik blog kita. Ini akan membantu meningkatkan jumlah pembaca dan memperluas jaringan.

Pastikan juga blog kiya mudah diakses dan terlihat profesional. Seperti pemilihan nama domain, template untuk tampilan blog. Buat desain yang menarik dan ringan dengan menggunakan template yang berkualitas agar membuat pembaca nyaman, hindari warna blog yang mencolok agar pembaca tidak terganggu.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: