Tips Merawat Buku Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Merawat buku sebenarnya susah-susah gampang. Apabila Anda orang yang benar-benar mencintai buku, pastilah Anda mau meluangkan waktu untuk merawat buku-buku yang Anda miliki.

Buku yang terawat juga memberi kebahagiaan tersendiri bagi sang pemiliknya. Ada kebanggaan tersendiri bagi pemilik buku saat melihat buku-bukunya yang terawat dipuji oleh seseorang.  Ya istilahnya sih, "Buku aja dirawat, apalagi pasangan sendiri."

Tips Merawat Buku Agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Berikut tips merawat buku agar tidak cepat rusat:

1. Pastikan ruangan tempat buku disimpan udaranya tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Untuk mendapatkan udara yang cukup, ruangan tempat buku disimpan harus memiliki jendela atau lubang ventilasi.

2. Usahakan untuk tidak menyimpan atau meletakkan buku berdekatan dengan lantai dan dinding tembok. Dinginnya tembok akan membuat buku jadi lembab, sehingga akan mengakibatkan buku mudah berjamur. Bisa diletakan di atas meja, di dalam rak, atau di dalam lemari.

3. Taruhlah buku dengan posisi berdiri dan disusun sesuai kategori. Posisi berdiri memungkinkan udara untuk untuk masuk ke sela-sela buku lewat celah lembaran buku. Bila buku diletakkan bertumpuk, dikhawatirkan udara tak bisa masuk dan mempercepat kelembaban. Dan jika buku disusun berdiri dan sesuai kategori akan bisa dicari dan diambil dengan mudah.

4. Taburlah kamper di sela-sela buku atau di pojok-pojok lemari penyimpanan buku. Gunanya untuk mengusir ngengat dan mengurangi bau tak sedap.

5. Setiap dua pekan sekali, biasakan untuk menukar letak buku. Bila memungkinkan, keluarkan buku-buku dari lemari penyimpanan dan letakkan selama sehari di luar lemari. Bisa di atas meja atau di ruang terbuka yang tidak lembab sekalian membersihkan jika berdebu..

6. Tak ada salahnya memberi lampu dengan cahaya yang cukup di dalam lemari buku. Hal ini dengan tujuan agar buku mendapat cahaya yang cukup. Sinar lampu juga akan menghambat ngengat masuk ke sela-sela buku.

7. Sampul buku dengan plastik untuk menjaga agar kondisinya tetap baik.

8.Jangan menekuk, melipat, atau mencorat-coret halaman buku.

9. Untuk buku-buku yang usianya sudah cukup tua, berhati-hatilah dalam membuka tiap halamannya. Sebab buku-buku tua rentan akan kerusakan.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:


KOMENTAR DAN POSTINGAN LAINNYA