Tips Menyimpan Daging Dalam Freezer Agar Tetap Awet

Tips Menyimpan Daging Dalam Freezer Agar Tetap Awet

Dimusim lebaran Haji atau idul adha seperti saat ini selalu menjadi momen untuk penyembelihan hewan qurban bagi siapa saja mereka yang mampu secara ekonomi, ntah itu menyembelih kambing, sapi, atau unta.

Tentu ini menjadi momen yang membahagiakan untuk kita semua karna akan menjadi momen pesta makan daging, nah biasanya daging yang didapat dari panitia qurban nggak cuma sekilo atau dua kilo, tentu daging-daging yang kita dapat tidak mungkin kita habiskan pada hari itu juga.

Maka dari itu agar daging tidak terbuang sia-sia kita perlu menyimpannya dalam sebuah freezer, namun tahukah kamu bahwa menyimpan daging dalam freezer tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena jika dilakukan secara sembarangan tentu saja tidak akan membuat dagang tersimpan secara awet alias akan busuk dan sia-sia juga, maka untuk itu mari kita simak Tips Menyimpan Daging Dalam Freezer Agar Tetap Awet.

1. Sebelum disimpan, daging qurban jangan dicuci. Jika dicuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Nyucinya besok saja kalo pas daging mau dimasak

2. Jika dapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar adalah potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika kita ingin memasaknya, cukup ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. InsyaAllah daging dalam keadaan beku dapat disimpan kurang lebih 1 Tahun.

3. Sebelum disimpan di Freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin baru dimasukkan ke dalam lemari es (freezer).

4. Jika mau masak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

5. Tips tambahan, jangan memakai kantung plastik kresek warna hitam karena kantung plastik kresek hitam itu adalah hasil daur ulang, kantung plastik daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih,plastik bening atau Tupewere.

Ok, Selamat nyate-nyate buat kita semua, mari kita doakan semoga untuk siapa saja yang telah berkorban agar diberikan keikhlasan dan pengganti yang lebih oleh Allah yang maha kuasa.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:


KOMENTAR DAN POSTINGAN LAINNYA