Cara Menghindari Penipuan Saat Berbelanja Online

Cara Menghindari Penipuan Saat Berbelanja Online

Dijaman yang serba online sekarang ini agaknya apa-apa bisa kita lakukan dengan Smartphone, dari mulai memesan kendaraan, memesan makan, sampai berbelanja online. Belanja online memang sangat menyenangkan, selain bisa mencari untuk mendapatkan barang-barang yang update kita juga bisa mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah dibanding dengan berbelanja biasa.

Namun, kamu harus tetap hati-hati dalam berbelanja online, karena pada saat sekarang ini banyak sekali penipuan yang dilakukan melalui penjualan barang secara online.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips agar kamu tidak tertipu dalam berbelanja online, oke langsung saja kita bahas beberapa tips berikut.

1. Jangan Mudah Tergiur dengan Harga Murah

Terkadang kebanyakan orang akan mudah tergiur dengan barang berkualitas yang bisa dibanderol dengan harga murah, meskipun harga yang murah bukan berarti penipuan, tetapi anda tetap harus hati hati.

2. Jangan Terburu-buru
Sebelum melakukan proses transaksi ada baiknya anda perhatikan dulu dengan teliti riwayat si penjual, karena kegiatan yang dilakukan terburu-buru itu tidaklah baik.

3. Gunakan Jasa Rekber

Sebaiknya anda sarankan saja pada penjual untuk menggunakan jasa rekber (rekening bersama) saja, karena dengan menggunakan rekber kemungkinan akan terjadi penipuan sangatlah kecil. Jika ingin lebih aman lagi gunakan layanan "Ada Barang Ada Uang" atau bahasa kerennya Cash on Delivery atau COD.

4. Cari Tahu Identintas Penjual
Sebelum membeli sebaiknya anda tanya identitas sipenjual, kalau perlu minta KTP atau kartu identitas lain. Kalau bisa tanya juga nama dan no rekening si penjual di setiap bank, kalau semua nama rekening di semua bank sama, ada kemungkinan dia bukan seorang penipu.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kali ini, sebenarnya masih banyak tips dan cara yang lain, tapi tangan admin udah capek ngetiknya. Jadi, intinya lebih hati-hati aja dan kalau bisa lebih baik berbelanja di OlShop terpercaya seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dll. Silahkan yang biasa berbelanja online bisa menambahkan di kolom komentar.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:


KOMENTAR DAN POSTINGAN LAINNYA