Cara Mengetahui Baterai Smartphone Yang Rusak

Cara Mengetahui Baterai Smartphone Yang Rusak

Bagi anda pemilik smartphone, setelah sekian lama kamu memiiki smartphone tersebut mungkin kamu merasakan adanya penurunan kinerja dari smartphone yang ternyata selidik punya selidik bisa jadi baterainya mulai tidak dapat diandalkan. Karena berbagai hal dimulai dari usia smartphone yang memang sudah tidak lagi muda, kelalaian perawatan ponsel dan baterainya, atau karena hal lainnya maka baterai ponsel pun mulai memperlihatkan ciri-ciri kerusakan.

Nah, untuk lebih jelas lagi anda dapat membaca daftar berikut untuk mengetahui mengenai ciri baterai smartphone rusak.
  • Menurunnya daya tahan baterai, hal ini dapat dilihat dari daya baterai yang cepat habis ketika digunakan.
  • Saat anda melakukan isi ulang (charge), baterai menjadi mudah panas.
  • Baterai juga mudah menjadi panas ketika dipergunakan.
  • Baterai ponsel anda harus diisi ulang (charge) dengan waktu yang lama untuk dapat terisi penuh tapi cepat sekali habis ketika dipergunakan. Atau istilah yang sering digunakan adalah ngedrop.
Mudah bukan untuk mengenali ciri baterai ponsel rusak? Kamu dapat dengan mudah mengetahui baterai smartphone sudah mulai rusak. Tapi kamu tak perlu khawatir, jangan mudah menyerah. Berikanlah perawatan yang lebih baik lagi pada baterai smartphone kamu agar baterai smartphone yang sudah mulai rusak tersebut tidak lantas terus bertambah rusak.

Mencegah Agar Baterai Smartphone Tidak Rusak
Anda harus mengingat pula beberapa peringatan dan himbauan yang diberikan oleh vendor smartphone kamu. Pastikan kamu mengikuti saran yang diberikan vendor dalam hal perawatan smartphone dan baterainya, jangan lakukan hal-hal yang diperingatkan oleh vendor smartphone kamu yang biasa terdapat pada buku panduan yang disertakan bersamaan pembelian smartphone kamu.

Pastikan kamu juga menggunakan charger original yang disarankan, jangan menggunakan charger sembarangan. Kenapa hal ini penting? Karena dengan menggunakan charger yang original, sudah dapat dipastikan daya yang diperoleh baterai smartphone kamu sesuai dengan batasan daya yang diperuntukkan untuk baterai smartphone tersebut. Bagaimanapun, produsen lebih tahu apa yang memang paling baik dan paling cocok untuk produk yang mereka keluarkan. Memang sekilas hal ini seolah-olah hanya menguntungkan produsen saja, tapi hal ini benar-benar disarankan agar dapat menjaga smartphone dan segala perangkat smartphone tetap berada dalam kondisi perawatan terbaik yang memungkinkan.

Solusi Terakhir
Jika memang baterai smartphone sudah dalam kondisi yang begitu rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi, satu-satunya cara yang dapat menjadi solusi adalah dengan mengganti baterai smartphone dengan baterai yang baru. Pastikan kamu membeli baterai yang memang diperuntukkan untuk smartphone kamu dan vendor yang memproduksi baterai ini memang reputasinya sudah dipercaya. Hal ini penting untuk menjaga kualitas baterai dan menjaga kondisi smartphone agar tidak mudah rusak. Karena penggunaan baterai yang tidak pas alias tidak sesuai dapat meningkatkan resiko kerusakan smartphone yang tentu tidak kamu inginkan bukan?

Hal yang tak kalah penting dalam menjaga lingkungan dari sampah baterai adalah dengan tidak membuang sampah baterai yang sudah tidak terpakai di sembarang tempat jika ternyata kamu memutuskan untuk mengganti baterai smartphone dan membuang baterai smartphone yang lama. Tindakan ini merupakan tindakan yang teramat penting karena baterai mengandung komposisi zat yang dapat mencemari lingkungan terutama dapat mencemari tanah. Di dalam baterai terdapat logam beracun yang sangat berbahaya jika ia mencemari tanah. Jauhkan pula sampah baterai dari batasan suhu yang diperkenankan oleh produsen karena hal ini dapat menyebabkan baterai meledak.


BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:




KLIK UNTUK BERKOMENTAR