Ramadhan dan Idul fitri memang masih lama, namun tak ada salahnya aku sedikit mengulas tips Memilih Bingkisan Makanan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, sudah menjadi rutinan kita umat Islam setiap tahun disaat menjelang Ramadhan dan dan Idul Fitri kebutuhan kita akan meningkat dari mulai untuk membeli pakaian, makanan, liburan, sampai untuk kebutuhan lainnya. Nah seiring meningkatnya minat konsumen biasanya banyak oknum-oknum nakal dan curang yang menjual dagangan yang tak layak terutama untuk makanan demi meraup yang keuntungan sebanyak-banyaknya.

Tapi tenang saja, dusuni saya akan berbagi tips cara Memilih Bingkisan Makanan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, tentunya agar aman saat kita sajikan untuk tamu yang berkunjung ke rumah kita atau sebagai oleh-oleh untuk saudara kita, lalu apa saja tipsnya mari kita baca sama-sama:

1. Harus Halal
Nah ini paling penting, pastikan terdapat label Halal dari lembaga seperti MUI (Majelis Ulama Indonesia) atau NU (Nadlatul Ulama), karena kita tidak tahu apakah makanan itu mengandung bahan yang haram atau tidak, apalagi sekarang banyak makanan impor yang konon katanya mengandung lemak babi (tapi ngga apa-apa juga sih selama kita ngga tahu makanan tersebut mengandung bahan haram) Insya Allah tetap halal. Nah untuk makanan seperti Nastar, Putri Salju, yang biasa dibuat dan dijual ibu-ibu rumah tangga tanpa harus ada label halal dari MUI Insya Allah sudah halal karena.

2.Tanggal Produksi dan Kadaluarsa (Expired)
Nah ini juga sangat penting, selain adanya label Halal kita juga harus tahu kapan tanggal Kadaluarsa makanan tersebut berahir, gunanya agar kita tahu sampai kapan makanan tersebut layak untuk lita konsumsi, untuk melihat tanggal kadaluarsa kita bisa melihat pada bungkusnya biasanya tertera pada kemasan persatuan dan juga perdus.

Lalu bagaimana jika makanan itu terbungkus Parcel, yang kadang tanggal kadaluarsanya tidak terlihat bahkan kadang justru di sembunyikan oleh oknum nakal yang tidak bertanggung jawab?

Untuk kamu yang ingin membeli makanan dalam bentuk parcel ada tips yang bisa kita coba yaitu dengan membeli satu persatu makanan yang akan kita jadikan parcel, cara ini selain kita bisa mengetahui tanggal kadaluarsa dengan pasti kita juga bisa menentukan isi parcel sesuai keinginan kita, dan kita juga bisa belajar membuat parcel sendiri.

3. Membuat Makanan Sendiri.
Nah ini tips paling aman, karena kita bisa tahu kualitas bahan yang akan dijadikan bahan membuat makanan. Seperti Ibu saya di kampung biasanya setiap lebaran pasti membuat makanan seperti Ketupat, Rengginang Terasi, Peyek, juda Dodol Ketan. Untuk membuat makanan-makanan tersebut Ibu saya menggunankan beras ketan hasil panenan sendiri, kelapa memetik sendiri, dan cara memasaknya masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunkan kayu bakar. Jadi hasilnya pun juga halal, enak, dan aman.

Nah mungkin itu saja dari saya tips cara Memilih Bingkisan atau Makanan Untuk Lebaran Idul Fitri,mungkin jika kamu tahu dan ingin menambahkan tipsnya silahkan tulis di kolom komentar.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: