Salah satu hal yang menjengkelkan sekaligus menjijikan adalah ketika rumah kita dimasuki tikus, biasanya tikus masuk kedalam rumah untuk mencari makanan. Sialnya setelah mendapat makanan bukan pergi tapi malah membuat sarang di tempat yang tersembunyi.

Bukan hanya itu, tikus biasanya malah akan mengajak tikus lainnya untuk masuk ke dalam rumah dan beranak pinak. Hewan pengerat ini akan memakan apa saja yang di temuinya, bahkan tak segan juga untuk merusak barang-barang didalam rumah seperti menggigit kabel, melubangi lemari, mengambil pakaian-pakaian kecil untuk dijadikan sarang sampai buang kotoran di pojok-pojokan sudut rumah.

Dan yang paling menjengkalkan lagi ketika tikus itu mati ditempat yang tidak kita ketahui, sehingga bau bangkainya bikin kita enek dan mual.

Untuk itu jika kalina melihat tikus masuk kedalam rumah, sesegera mungkin untuk mengusirnya sebelum nantinya menjadi banyak. Untuk mencegah dan mengusir tikus dari rumah kalian, ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan:

Menjaga kebersihan: Pastikan bahwa ruangan rumah kamu selalu bersih dan tidak ada makanan yang tergeletak sembarangan sehingga mudah terjangkau oleh penciuman si tikus. Serta hindari menumpuk barang-barang tak terpakai, karena biasanya tempat tersebut rawan dijadikan sarang oleh tikus.

Menutup celah-celah: Tutup semua celah-celah di dinding atau lantai dengan karet atau mesh untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah.

Menempatkan pengusir tikus: Jika tikus sudah terlanjur masuk, kalian dapat menempatkan pengusir tikus yang berbunyi atau mengeluarkan aroma peppermint di ruangan yang rawan tikus.

Menempatkan perangkap: kamu dapat menempatkan perangkap tikus di ruangan yang rawan tikus seperti lem tikus, atau perangkap kandang kandang. Tapi sebaiknya hindari penggunaan racun tikus, karena tikus dapat mati di sembarang tempat setelah memakan racun teraebut, sehingga akan menimbulkan bau bangkai. Pastikan untuk mengambil tikus yang terperangkap dan membuangnya dengan aman.

Menghindari menyisakan makanan: menyikasan makanan dapat memicu datangnya tikus, jika ada makanan yang tersisa sebaiknya langsung dibuang di tempat sampah luar rumah. Atau jika belum sempat, taruhlah sisa makanan tersebut di tempat yang sulit dijangkau oleh tikus.

Memanggil profesional: Jika kamu merasa kesulitan untuk mengusir tikus, kamu dapat memanggil profesional yang akan membantu mengatasi masalah ini.

Memelihara kucing: sebagai hewan yang dikategorikan musuh tikus, memelihara kucing juga bisa menjadi alternatif sebagai pencegah dan pengusir tikus, tapi ingat peliharalah kucing yang galak yang siap menerkam setiap tikus, jangan sampai malah kucingnya takut untuk melawan tikus. 😁

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: