Kucing adalah hewan pintar yang imut nan menggemaskan, tingkahnya yang lucu menjadinyakannya sebagai hewan peliharaan terpopular di dunia. Hampir setiap tinggkahnya membuat kita ingin memeliharanya.

Kucing mempunyai banyak sekali jenis dan rasnya, seperti Anggora, Persia, sampai Kucing British Shorthair. Kucing jenis lokal pun tak kalah cantik-cantik seperti jenis Congkok atau Leopard, Kucing Bakau, dan Kucing Busok yang asli dari Madura.

Di Indonesia sendiri pecinta kucing atau Cat Lovers jumlahnya sangat banyak sekali, kalian bisa bergabung di komunitas baik dunia nyata maupun dunia maya. Terlebih jika kalian ingin memelihara kucing namun masih pemula, kalian bisa belajar apa saja mengenai hewan lucu satu ini.

Terkait dengan memlihara kucing, disini saya akan membagi sedikit tips untuk memilih jenis kucing yang sesuai untuk di pelihara bagi pemula, selebihnya kalian bisa mencari di grup-grup facebook komunitas kucing atau Cat Lover.

Bagi pemula yang ingin memelihara kucing, pertimbangkan untuk memelihara kucing jenis lokal dulu saja, alasanya jenis kucing ini lebih mudah beradaptasi dan tidak mudah sakit.

Pertimbangkan tingkat aktivitas kucing yang sesuai dengan gaya hidupnya. Beberapa jenis kucing lebih aktif daripada kucing yang lain. Ini bertujuan untuk kebaikan si kucing, misal kucing yang aktif tentu tidak suka lama-lama berada di kandang, jika dibiarkan lama maka kucing akan stres dan gampang sakit.

Pertimbangkan tingkat galaknya si kucing. Beberapa jenis kucing lebih galak daripada yang lain. Jika kamu memiliki anak kecil dan ingin tetap memelihara kucing, pilihlah kucing dengan karakter yang lembut sehingga lebih aman untuk si bocil, meskipun pada umumnya kucing biasanya tunduk sama bocil tapi ini untuk jaga-jaga.

Pertimbangkan kebutuhan perawatan kucing. Beberapa jenis kucing memerlukan perawatan yang lebih, seperti makanannya, vitaminnya dan juga perawatan kebersihannya. Jangan sampai malah membebani isi kantong kalian. Sebaiknya pelihara saja kucing yang doyan ikan asin. 😁

Pelajari tentang jenis kucing yang Anda minati dan pastikan Anda dapat memenuhi kebutuhannya sebelum memutuskan untuk membeli atau men adoptnya. Jangan lupa juga untuk mencari rekomendasi dari pemilik kucing atau dari dokter hewan untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: