Kita pasti pernah mendengar tentang amalan yang tidak akan putus pahalanya meskipun kelak kita sudah meninggal, seperti Hadits Nabi yang diriwatkan Dari sahabat Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Bila seseorang meninggal dunia, maka amalnya terputus kecuali berasal dari tiga hal, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang mendoakannya,’” (HR Bukhari dan Muslim)

Sedekah jariyah tidak hanya berbentuk wakaf untuk masjid dan madrasah, sedekah jariyah juga mencakup sedekah untuk menyambung hidup orang lain, sedekah memberi makan orang lain, sedekah beasiswa untuk kelancaran studi, dan termasuk juga sedekah yang dapat menaikkan taraf hidup dari mustahik menjadi muzakki seperti bantuan permodalan.

Ilmu yang bermanfaat tidak hanya ilmu agama, termasuk ilmu yang bermanfaat itu kedokteran hingga bisa mengobati banyak orang, ilmu ekonomi hingga bisa meningkatkan kesejahteraan orang, ilmu teknik yang bermanfaat untuk kemaslahatan umum, ilmu komputer, desain, multimedia, farmasi, dan ragam ilmu lain yang tujuannya memang untuk kemaslahatan orang lain.

Anak shaleh tidak hanya anak biologis saja, termasuk juga anak angkat, murid, dan anak-anak yang disantuni. Ajari mereka agama yang baik agar menjadi "anak shaleh" yang akhirnya dengan sendirinya ia sadar bahwa apapun yang ia dapatkan dalam kehidupannya tidak lain adalah hasil jerih payah orang tuanya, lalu ia terus mendoakan orang tuanya.

Hidup di dunia hanya tempat persinggahan, maka banyak-banyak berbuat untuk bekal dalam perjalanan kita di alam berikutnya.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: