Filisofi Hantaran Atau Seserahan Dalam Pernikahan

Filisofi Hantaran Atau Seserahan Dalam Pernikahan

Hantaran atau seserahan bukan hanya sekadar ungkapan cinta. Berbagai barang hantaran pernikahan itu memiliki setangkup makna akan tanggung jawab seorang pria. Kelak ia akan memenuhi segala kebutuhan istri dan keluarganya. Selain kebutuhan dasar, dalam seserahan terselip juga simbol keseriusan mempelai pria untuk mencintai dan setia pada calon mempelainya.

1. Seperangkat alat sholat menjadi seserahan wajib bagi umat Muslim, simbol bahwa agama menjadi tumpuan utamanya. Biasanya isi dari seserahan ini antara lain, mukena, sajadah, tasbih, dan Al-Qur'an. Mengambil dari fungsi barang-barang tersebut, seserahan ini mengharuskan kedua mempelai agar selalu menegakkan tiang agama. Seserahan berbentuk alat sholat juga dapat jadikan lambang pengingat calon mempelai pada sang pencipta. Suami memberikan mukena berati telah berjanji untuk mengajarkan sholat dan juga menjaga sholat istrinya, agar sang istri terus meningkatkan kualitas sholatnya dan tidak meninggalkan sholat. Pemberian mushaf Al-Qur'an berarti sang suami berjanji untuk mengajarkan kepada istrinya akhlaqul Qur'an, dan menjalankan rumah tangga berdasarkan Al-Qur'an.

2.Pernak-pernik perhiasan, merupakan simbol supaya calon mempelai wanita selalu bersinar dan bercahaya disepanjang kehidupannya. Jumlahnya sendiri disesuaikan dengan kemampuan calon mempelai pria.

3. Seserahan berupa satu set busana wanita berwujud harapan akan terjaganya rahasia rumah tangga. Seperti fungsi dari pakaian itu sendiri yaitu menutupi aurat wanita.

4. Peralatan rias atau makeup dimaksudkan agar calon mempelai wanita selalu menjaga penampilan di depan suaminya kelak. Seserahan ini juga berarti pengantin pria bersedia menyediakan perawatan tubuh dan makeup bagi calon istrinya setelah menikah nanti.

5. Makanan tradisional khas daerah masing-masing dimaksudkan supaya keluarga kedua mempelai tetap bersatu sampai akhir hayat.

Nah 5 barang tersebut merupakan barang yang umum diberikan untuk seserahan di daerah saya Brebes dan daerah istri saya Cirebon. Adapaun barang-barang seserahan seperti meja rias, lemari baju, lemari es, sepeda motor, rice cooker, mesin cuci, kompor gas, ranjang dll disesuaikan dengan budget kamu. Kalau di daerahmu gimana?

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:




BUKA KOMENTAR