Masa Kecilku dan Teman Yang Kita Rindukan

Masa Kecilku dan Teman Yang Kita Rindukan

Masa kecil adalah masa membahagiakan hampir untuk semua anak-anak, maka tak heran jika ada sebuah ungkapan "Masa kecil kurang bahagia."  ketika ada orang dewasa yang berkelakuan seperti anak-anak. Ah sepertinya aku membuka postingan kali ini dengan bahasa yang terlalu serius, mungkin karena efek belum ngopi. Ok lah saya akan membuat kopi terlebih dulu lalu akan melanjutkan postingan ini dengan bahasa yang seperti biasa yaitu bahasa yang pating pecotot.

Sebagai anak yang terlahir di sebuah desa kecil di kabupaten Brebes tentu masa kecilku dan teman-temanku dulu terbiasa dengan kehidupan yang sederhana, namun seiring berjalannya waktu banyak hal-hal dan anak-anak sekarang yang pola pikirnya berbeda, banyak hal-hal yang kini sulit untuk ditemui, mungkin inilah yang membuatku sangat merindukannya. Lalu apa saja sebenarnya hal-hal yang kini sangat aku rindukan dari masa kecil dulu? Banyak sekali dan mungkin tidak bisa aku ceritakan semua dalam postingan ini.

Diantara yang paling aku rindukan saat kecil adalah permainannya, ya permainan-permainan saat kecilku dulu sangat sederhana dan murah meriah dan bisa dibuat sendiri, cukup ada tanah lapang kita sudah bisa bermain bal-balan, slodor, soteng, rok edan, gotri, umpet-umpet madu beton, permain-permaian ini biasanya dimainkan setiap malam jumat karena pas malam jumat pasti ngaji diliburkan, dan tentunya masih banyak lagi dan bisa tujuh hari tujuh malam kalau ditulis semua hahaha. itu beberapa saja permainan yang hampir tak mengeluarkan modal alias duit untuk memainkannya. ada lagi permaianan yang memang kudu membuatnya atau beberapa bahannya kudu beli seperti penekeran (kelereng), panggalan (gasing dari kayu), pagakan (ketapel), dodoan (kartu gambar) dan tentunya juga masih banyak lagi.

Selain dari permainannya, adalah keseharian masa kecil dulu yang sangat menyenangkan. dulu saat kecil melakukan aktifitas apapun sepertinya tanpa beban, enak saja gitu. sekolah ya sekolah , ngaji ya ngaji, main ya main. Banyak kekonyolan dan kelucuan yang terjadi dari keseharian di waktu kecil. Dulu yang masih pada ingat setiap hari jumat sepulang sholat jumat aku dan temen-temen selalu menyaksikan film suzana, nah setelah film suzana habis dan terik matahari pun sudah tidak begitu panas biasanya akan dilanjutkan bermain, biasanya sih mandi-mandi di kali, hahaha inilah yang menurutku lucu, setiap mandi di kali kondosi tubuh yang mandi menyesuaikan diri dengan umur atau keadaan tititnya. maksudny gini, biasanya untuk anak yang masih kecil atau belum sunat akan mandi dalam kondisi tubuh telanjang bulat, dan untuk yang sudah sunat biasanya cuma memakai celana dalam, lah yang sudah njembut ya pakai celana tapi telanjang dada.

Jaman kecil dulu juga libur saat bulan ramadhan kita bisa sangat menikmati betul, karena saat jaman Presiden Gus Dur dulu memang libur Ramadhan satu bulan Full, makanya hampir setiap malam kita ngeronda bangunin warga biar sahurnya ngga terlambat, nah banyak kejadian konyol dan nakal yang pernah kita lakukan, seperti saat kita lapar malam-malam, apa coba yang kita lakukan? ya, nyuri apa saja yang bisa dimakan. Hahaha biasanya saat seperti ini setiap anak mendapatkan tugas sendiri-sendiri, misal saja saat nyuri jagung atau singkong di sawah, sebagian ada yang tugas ngembat jagung atau singkongnya, ada juga yang bertuagas nyari kayu dan buat api unggunnya. Tapi jujur saja dari kelakuan mencuri itu kita tak pernah sekalipun mencuri hewan ternak, seperti ayam apalagi kambing. ya paling yang kita curi mangga, jagung, singkong, kelapa, jambu, dan biasanya yang jadi target orang yang pelit atau galak. pernah juga kejadian konyol menimpa saat mencuri jambu, nasip sial memang, saat pas lagi enak-enak makan jambu diatas pohon eh yang punya keluar, lebih apesnya lagi yang punya malah nungguin dibawah pohon, ya meskipun yang punya ngga tau kalau diatas ada orang, tapi mau ngga mau kudu nunngu yang punya masuk dulu kalau mau turun dari pohon. mana banyak semutnya lagi hahaha. Pokoknya prinsipnya pas lebarannnya nanti kita kudu minta maaf sama orang yang kita curi tadi.

Ok mungkin itu saja yang bisa aku share, sebenarnya masih banyak sekali tentang hal keseruan Masa Kecilku dan Teman Yang Kita Rindukan, tapi sudah capek ngetiknya. mungkin lain waktu bisa tak tulis lagi. Owh ya buat teman-teman yang mungkin kurang paham tentang nama permanin bisa ditanyakan, contoh permaninan rok edan itu seperti apa sih? Atau mungkin teman-teman mau menambahkan kisah-kisah di masa kecilnya dulu, tulis saja di kolom komentar. Makasih, Selamat malam dan Wassalam.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA:


KOMENTAR DAN POSTINGAN LAINNYA