Dijuluki sebagai tawon pembunuh, mereka cenderung tinggal di hutan dan pegunungan pada ketinggian yang rendah, tawon ini membuat sarang dengan menggali, atau menggunakan lubang yang sudah digali oleh hewan pengerat atau menduduki tempat di dekat akar pinus yang membusuk.

Hewan ini memakan serangga yang lebih besar dan madu dari koloni lebah madu. Tawon ini memiliki panjang tubuh sebesar 45 mm, bentang sayap sebesar 75 mm, dan penyengat sepanjang 6 mm yang dapat menyuntikkan racun dalam jumlah yang besar.

Tawon Raksasa Asia merupakan serangga terbesar di dunia yang berasal dari Asia Timur beriklim tropis, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Jauh Rusia. Serangga penyengat itu juga baru-baru ini ditemukan di wilayah Pasifik Barat Laut Amerika Serikat (AS).

Spesies ini memiliki tubuh berukuran lebih dari dua inchi dari lebah biasa dan langsung disematkan sebagai lebah terbesar di dunia. Tak hanya itu, tawon raksasa itu juga punya sengatan yang dapat membunuh manusia. Tak heran jika Tawon Raksasa Asia ini mendapat julukan tawon pembunuh (killer hornet).

Tawon tersebut memiliki penyengat yang panjangnya 0,2 inchi yang berfungsi untuk menyuntikkan racun yang dikenal sebagai peptida sitolitik yang menyebabkan kerusakan jaringan dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian. Seperti sengatan serangga lainnya, racun milik tawon raksasa ini sangat berbahaya jika korban alergi terhadapnya.

Tawon ini juga kerap menginvasi koloni lebah madu,dan memakan madu mereka,1 tawon saja sudah cukup membunuh seribu lebah madu,atau bahkan lebih.Tubuh yang besar,kuat dan kulit yg teball membuat mereka tidak merasakan sakit saat tersengat oleh lebah madu.

Jika lengan mu tersengat tawon raksasa Asia,itu seperti paku panas yang ditancapkan di lengan Kamu.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: