Al-Imam Al-Ghozali r.a bertutur : "Jika engkau menginginkan selamat di kehidupan dunia dan akhirat, jadikan dirimu berada di dalam hati para wali Allah SWT".

Ditanyakan hal tersebut : “Bagaimana hal itu bisa terjadi?”

Imam Al- Ghozali menjawab : “Dengan cara, Engkau mencintai para wali Allah, maka niscaya mereka akan mencintaimu.

"Sejatinya hati para wali Allah adalah tempat pandangan rahmat Allah SWT. Apabila Allah mendapatkan dirimu di dalam hati mereka para wali-Nya, niscaya Allah akan merahmatimu.

Maka jika engkau mencintai wali Allah, lazimkanlah adab sopan santun ketika bersama mereka dan jagalah wali Allah. Hal tersebut akan menjadi sebab kerinduan wali Allah kepada dirimu. Apabila sang wali Allah telah rindu kepadamu, niscaya semangat akan datang kepadamu. Semangat itu akan mengalir, akan kuat sesuai dengan tingkat kerinduan sang wali kepadamu.

Jika engkau melihat sang wali dengan perasaan cinta kepadanya, akan mengalirlah dari hatinya ke hatimu, keadaan, maqom, kedudukan yang mana engkau tidak akan mampu mendapatkan kedudukan itu dengan usahamu sendiri. Karena sesungguhnya manusia di dalam tingkat kecintaan, tingkat dekatnya kepada Allah berbeda-beda bergantung dengan derajatnya masing-masing."

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: