Kabupaten Brebes merupakan salah satu daerah penghasil bawang merah yang paling bagus diantara daerah lain yang ada di Indonesia. Hampir seluruh Indonesia kalau membicarakan bawang merah pasti yang tertuju adalah Brebes.

Di Brebes banyak menghasilkan bawang merah karena kondisi alam dan tanahnya sangat cocok dan bagus untuk menanam bawang sehingga kebanyakan petani Brebes bercocok tanam dengan menenam Bawang.

Bawang merah Brebes terkenal dengan rasanyanya yang enak jika digoreng, dan bawang merah Brebes dapat disimpan selama berbulan-bulan jika disimpan ditempat yang bersih dan kering. Maka cocok jika kalian mampir ke Brebes lalu membeli bawang merah sebagai oleh-oleh.


Selain bawang merah, Brebes juga terkenal dengan olahan khasnya yaitu telur asin yang rasanya sangat enak karena tidak terlalu asin dan tidak terlalu hambar dan bagian kuning telurnya berminyak yang dikenal dengan istilah masir karena terasa seperti ada butiran pasir yang lembut, itulah yang menyebabkan telur menjadi enak dibanding dari daerah lain.

Hampir di seluruh Indonesia belum ada yang bisa menyaingi rasa dan kelezatan telor asin dari Brebes. Diluar memang banyak yang memproduksi telor asin tapi kadang rasanya tidak tepat, sehingga kalah jauh dengan telor asin buatan Brebes. Saya pernah bereksperimen menyimpan telur asin Brebes selama 8 bulan, dan ternyata rasa dan baunya tidak berubah, hanya teksturnya yang sedikit mengeras.


Yang ketiga ada teh poci, Sebenarnya sih ini bukan hanya khas Brebes, tapi juga khas Tegal juga, tapi di daerah Brebes sendiri banyak sekali yang membuka warung lesehan dan menyajikan teh poci dan ditemani gorengan mendoan.

Menu tersebut mantep buat teman nongkrong bareng anak-anak istilah Brebesnya CIPOK (Moci Karo Ndopok = minum teh poci sambil ngobrol). Bagi yang kebetulan lewat Brebes sempetin mampir ke alun-alun Brebes dan cobain sensasi cipok di malam hari ditemani gorengan.


Selanjutnya ada kupat dengan rasa khas yang ditambah dengan sate blengong (hasil persilangan antara bebek dengan mentok). Soal rasa, mantap kalo sudah nyobain bisa bikin ketagihan. Bagi yang mau menyicipi enaknya kupat sate blengong silahkan mampir saja di Alun-Alun Brebes, disitu banyak warung yang menjajakan olahan ini. Saya sarankan sebelum memesan tanyankan dulu harga perporsinya, karena pernah kejadian ada pedagang nakal yang menggetok harga sesukanya.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: