Buat yang belum pernah melakukan pembelian suatu barang memalui media sosial seperti facebook, atau lainnya. Sebaiknya baca dulu tips dari saya ini, karena saya melihat banyak sekali kejadian penipuan. Ada yang barang sangat tidak sesuai di gambar, barang rusak, atau barang kw padahal bilangnya asli, bahkan ada juga barangnya tidak dikirim setelah pembeli mentransfer uang pembayaran dan berakhir pada pemblokiran oleh si penjual.
Sebenarnya kalau kita mau sedikit lebih jeli, kita mampu membedakan mana seller terpercaya dan mana yang abal-abal dilihat dari akunnya.

1. Penipu paling anti dengan RekBer (rekening bersama), sekali diajak rekber pasti manis dibibir memutar kata malah kau tuduh akulah segala penyebabnya. Pokoknya kalau penjual di sosmed diajak pakai rekber tidak mau, kalian patut curiga.

2. Biasanya menjual barang spek dewa tapi harga kaki lima, alias ora umom ! Ora umom ! Ora umom ! Ono rego ono rupo. Penjual yang menjual barang dengan harga jauh dibawah pasaran, ini juga patut dicurigai. Karena jika harga yang ditawarkan jauh lebih murah dari harga umumnya, bisa saja barangnya KW atau rusak, atau malah menipu.

3. Akun penipu biasanya sepi interaksi dan tidak ada testimoni, selain jumlah pertemanan yang sedikit, biasanya tidak ada interaksi saling bertukar komentar dengan orang lain. Bahkan biasanya akunnya dikunci atau diprivasi. Nah yang ini kalian juga patut curiga, kalau memang penjual yang jujur apalagi sudah terkenal biasanya akan membuka akunnya seluas-luasnya. Karena selain berguna sebagai testimoni juga untuk memperoleh kepercaan dari banyak orang.

Tapi tips paling bener dan aman sih beli saja di marketplace kaya shopee, tokopedia, atau lazada tapi disini juga kalian harus jeli memilih toko yang terpercaya. Kalaupun harus membeli sesuatu lewat medsos, sebaiknya cari yang bisa diajak COD, terus jangan lupa bawalah pasukan yang banyak saat COD. 🤣

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: