Berdasarkan letak geografisnya, wilayah Asia Tenggara terletak di antara samudra (Hindia dan Pasifik) dan benua (Asia dan Australia).

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Berdasarkan letak astronomisnya, wilayah Asia Tenggara berada di antara 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT.

Keseluruhan wilayah negara-negara di Asia Tenggara berada di sekitar khatulistiwa (ekuator). Adanya kesamaan letak astronomis ini, membuat sebagian besar negara di wilayah Asean mempunyai iklim yang sama dan tidak jauh berbeda yaitu beriklim tropis. Lalu Apakah Di Negara Asia Tenggara Memiliki Salju? Jawabanya, Ada.

Vietnam. Apakah Vietnam memiliki salju? Ya, di Vietnam bisa bersalju tetapi hanya di daerah pegunungan Vietnam Utara. Cuaca di Vietnam utara di musim dingin bisa menjadi sangat dingin dan salju dapat terjadi di puncak tertinggi di utara di Sapa, Tam Dao dan Hoang Lien Son antara Desember dan Februari saja.

Malaysia. Menjadi salah satu negara yang memiliki gunung tertinggi di Asia Tenggara pada 4.095m, Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi antara Himalaya dan Nugini. Kondisi cuaca di bawah nol atau ketika angin berhembus, dapat berkontribusi pada pembentukan salju, fenomena yang jarang kita lihat tapi bisa saja terjadi, suhu di puncak Gunung Kinabalu bisa turun hingga serendah -2°C.

Ini merupakan fenomena alam ketika genangan air membeku membentuk lapisan es di puncak Gunung Kinabalu sepanjang tahun.
Apakah sering turun salju di puncak Kinabalu? Salju terakhir yang direkam adalah pada Februari 2022.

Myanmar. Bagian utara Myanmar benar-benar salah satu hutan liar terakhir yang belum dijelajahi di Asia. Kota Putao terletak di lembah yang datar dan subur di ketinggian 459m (1,499ft). Putao adalah kota kecil yang berjalan lambat jarang dibangun di tepi Sungai Namlang. Pada hari yang cerah Anda akan melihat di cakrawala jauh Pegunungan Himalaya yang tertutup salju. Putao adalah titik akses untuk ekspedisi trekking dan perjalanan mendaki ke pegunungan tertinggi di Asia Tenggara. Hkakabo Razi tingginya 5.881 m (19 294 kaki) hanya didaki oleh beberapa pendaki gunung. Ekspedisi untuk mencapai dasar gunung membutuhkan waktu minimal satu bulan.

Indonesia. Puncak Jaya adalah puncak tertingi di gunung Jayawijaya, Indonesia, terletak di Pulau Nugini di Ocenia. Pada ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut, suhu turun dan hujan berubah menjadi salju, yang pada akhirnya kompak turun ke gletser. Sebagai salah satu wilayah paling basah di bumi, hujan turun hampir 300 hari per tahun, tetapi ketika suhu hangat musim panas maka salju akan mencair. Gletser mencair dari atas ke bawah. Namun sangat disayangkan, para ilmuwan memprediksikan gletser akan benar-benar hilang pada tahun 2026.

Itulah beberapa negara di Asia Tenggara yang memiliki salju yang diantaranya ada di Negara kita tercinta yaitu Indonesia, semoga salju itu terus ada dan lestari.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: