Beberapa hari terahir saya cukup intens mempelajari rilis algoritma terbaru dari Google, langsung dari sumber aslinya yaitu di halaman panduan google, saya mencoba mencari tahu apa sih maunya Google ini.

Penyempurnaan E.A.T menjadi E.E.A.T, di tambah Google Helpful Content, cukup menyita perhatian saya.

Besar dugaan saya, akan terjadi revolusi besar-besaran dalam hal pembuatan web konten (termasuk posisinya di SERP), saya melihat google menuntut lebih di algoritma kali ini.

Dari sisi blog/web, blog personal + konten spesifik, yang dibuat oleh kreator memenuhi standar E.E.A.T, berpeluang besar menguasai SERP. Contoh seperti ini, konten kesehatan akan lebih disukai Google jika penulisnya adalah seorang dokter atau ahli kesehatan.

Namun, akan mengancam blog personal + konten gado-gado karena lebih mencerminkan ketidakjelasan keahlian.

Algoritma Google Helpful Content akan dipakai google untuk menyeleksi konten, sedangkan E.E.A.T lebih menyasar ke sisi penulisnya. Jadi semakin kredibel penulisnya semakin dipercaya oleh Google.

Jadi, dua algoritma ini memang saling melengkapi, kreator yang memenuhi standar E.E.A.T, sudah pasti akan membuat konten yang "Google Helpful Content".

Untuk mengetahui, apakah ini peluang atau justru ancaman bagi Anda, silahkan lihat blog/web yang Anda bangun, apakah blog itu memang sesuai dengan:

E (Experience) = pengalaman Anda.
E (Expertise) = keahlian Anda.
A (Authoritativeness) = kewenangan Anda.
T (Trustworthiness) = kapabilitas Anda.

Jika "YA", maka selamat Anda sudah berada di jalur yang benar.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: