Dalam Hakaya Ash Shufiyah, mengutip Ruhul Bayan, diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Diceritakan:

Gusti Allah Ta'ala berfirman pada Malaikat Jibril AS, "Wahai Jibril, andai Ku-utus kamu ke dunia dan jadi manusia, amal apa yang sangat ingin kamu lakukan?"

Malaikat Jibril menjawab, "Duh Gusti, Engkau yang paling mengetahui apa yang hamba sembunyikan dan bagaimana keaadaan hamba. Namun kalau boleh hamba mengutarakan keinginan, andai Engkau jadikan hamba sebagai manusia, hamba ingin melakukan 3 amal :

1. Hamba ingin menjadi bagian dari satu keluarga dan menjadi orang yang bekerja menanggung nafkah seluruh anggota keluarga itu

2. Ketika hamba melihat aib orang lain, hamba ingin jadi orang yang menutup rapat dan tidak akan membuka aib tersebut kepada siapapun juga, sehingga aib tersebut seakan tidak pernah ada dan tidak tersebar pada orang lain

3. Saat melihat orang kehausan dan kelaparan, hamba ingin jadi golongan orang yang menghapus rasa haus dan lapar mereka dengan sedekah"

Tiga amal yang disebut oleh Malaikat Jibril tersebut mengindikasikan ada pahala yang besar dari Gusti Allah bagi siapapun yang mau melakukannya. Entah apa itu, kok sampai Malaikat Jibril pun ingin mengamalkannya.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: