Jauhi Dengki Dan Sebarkan Salam

Jauhi Dengki Dan Sebarkan Salam

Imam Al-Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah berpesan bahwa ada tiga sifat hati manusia yang sangat berbahaya. Sifat hati tersebut selalu muncul dari zaman ke zaman, dari generasi ke generasi.

Tiga sifat hati ini akan membawa kepada kebinasaan diri dan penyebab dari sifat-sifat tercela lainnya, yakni: sifat hasad (dengki), riya (pamer) dan ujub (sombong atau berbangga diri).

Rasulullah SAW bersabda:

اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَبَ


”Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu-bakar.” (HR. Abu Dawud).

Rasulullah SAW juga bersabda:

دَبَّ إِلَيْكُمْ دَاءُ الْأُمَمِ قَبْلَكُمْ: اَلْحَسَدُ وَالْبَغْضَاءُ ، وَالْبَغْضَاءُ هِيَ الْحَالِقَةُ ، حَالِقَةُ الدِّيْنِ لاَ حَالِقَةُ الشَّعْرِ، وَالَّذِيْ نَفْسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ لاَ تُؤْمِنُوْا حَتَّى تَحَابُّوْا، أَفَلاَ أُنَبِّئُكُمْ بِشَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوْهُ تَحَابَبْتُمْ؟ أَفْشُوا السَّلاَمَ بَيْنَكُمْ

"Penyakit umat-umat sebelum kalian telah menyerang kalian, yakni sifat dengki dan benci. Benci adalah pemotong; pemotong agama dan bukan pemotong rambut. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang jika kalian kerjakan maka kalian saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian. (HR. At-Tirmidzi)


TKO

BACA POSTINGAN LAINNYA:




BUKA KOMENTAR

Terima kasih sudah berkomentar