Inilah Kang Rukhin yang sering digojloki Gus Baha sebagai kriting, elek di pengajian-pengajiannya tapi jadi saantri kesayangan Gus Baha.

Salah satu santri Gus Baha yang masih mengikuti gurunya pergi kemanapun, ialah santri bernama ‘Masrukhin’ santri asal daerah Yogyakarta. Namanya melambung tinggi ketika KH. Bahaudin Nur Salim, atau biasa di sapa dengan Gus Baha sering menyebutkan nama Rukhin, dalam setiap pengajian nya. Ia menjadi salah satu santri yang setia menemani Gus Baha ketika bermukim di Yogyakarta. Dengan hal tersebut, membuat para Muhibbin Gus Baha tertarik dan rasa penasaran mengenai siapa sosok Rukhin sebenarnya.

Pada acara Shihab Shihab yang dibawakan oleh Najwa Shihab, Gus Baha menjadi tamu undangan untuk menceritakan banyak hal dalam ilmu keislaman. Hingga pada suatu ketika, terdapat pertayaan perihal siapakah sosok Rukhin dan Mustofa yang acap kali disebut oleh Gus Baha dalam setiap penganjiannya. Gus Baha menjawab bahwa sosok mereka berdua adalah sosok santri pertama dari 20 santrinya di saat Gus Baha bermukim di Yogyakarta.

Kedua santri tersebut sangat akrab dengan Gus Baha. Karena keakraban kedua santri tersebut tidak hanya menjadikan sosok Gus Baha sebagai gurunya. Tetapi sebagai sahabatnya. Maka kata Gus Baha, dua santri tersebut tidak sungkan makan di hadapan Gus Baha dan saling bercanda, karena keakraban yang terjalin diantara mereka.

Rasa penasaran dari para Muhibbin dijawab sudah oleh Maskrukhin atau biasa disapa Rukhin melalui bukunya berjudul ‘Rukhin Menemukan Guru Gus Baha. Buku tersebut ditulis langsung oleh Rukhin yang menceritakan bagaiamana awal mula ia bertemu dengan sosok Gus Baha yang mampu membimbing perjalanannya menemukan spirit hikmah kehidupan.

Bagi yang berminat dengan buku Kang Rukhin bisa langsung DM ke Akun Instagram @BukuSuhuf


BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: