Wiwitan adalah suatu tradisi yang dilakukan para petani untuk memulai masa panen & memulai menanam padi. Dalam tradisi ini merupakan persembahan dan rasa syukur pada Tuhan Sang Pencipta.

Wiwitan berasal dari kata Wiwit yang berarti Mulai jadi dalam tradisi ini adalah ritual memulai baik mulai menanam padi dan mulai memanen padi. Dalam tradisi Wiwitan berbagai macam sesaji/sajen dipersiapkan diantaranya berupa Nasi tumpeng, sambal goreng, gereh pethek, thontho, kacang gleyor santan, dan pithik ingkung, selain itu juga ada kembang setaman dan air kendhi. Setelah semua ubo rampe siap semuanya dibawa ke sawah dan dengan dipimpin tokoh adat setempat para petani berkumpul dan berdoa khusuk untuk memulai ritual wiwitan.

Tradisi Wiwitan pada dasarnya adalah wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan hasil panen yang melimpah serta sebagai pengharapan dimulai masa tanam padi agar padi yang ditanam tumbuh dengan subur dan terbebas dair segala macam hama sehingga selamat sampai masa panen yang akan datang nanti. Semoga tradisi warisan leluhur ini tetap bisa lestari seiring berjalanya waktu, sehingga akan selalu terwujud harmonisasi manusia dengan alam semesta dan juga Tuhan SangMaha Pencipta.

BACA JUGA POSTINGAN LAINNYA: